Antisipasi Genangan Air Hujan, Warga Lakukan Kerja Bakti

SUKOHARJO-Dalam upaya mengantisipasi genangan air di musim penghujan, pada hari Minggu, 16/01/2022 (kemarin-red) warga RT 03 RW 05 Dusun Gebyaran Desa Sukoharjo lakukan kerja bakti. Hal ini dilakukan karena banyaknya saluran drainse yang tersumbat oleh rumput liar dan dedaunan kering sehingga apabila hujan turun, air meluap dan mengakibatkan jalan yang dilalui air luapan menjadi licin.

Disela-sela pelaksanaan kegiatan kerja bakti Mbah Ji panggilan akrab Ketua RT 03 RW 05 mengatakan “kegiatan kerja bakti ini sudah sering kita lakukan ketika saluran drainase terlihat kotor. Sumbatan saluran ini diakibatkan adanya rumput liar dan daun bambu kering yang masuk dalam saluran, sehingga saluran menjadi kotor dan terlihat penuh dengan daun-daun dan rumput tersebut. Alhamdulillah warga kami kompak setiap kali kita adakan kerja bakti bersih-bersih warga sangat antusias, ini dikarenakan kita semua menyadari bahwa lingkungan yang bersih, selain akan terlihat indah juga dapat mendukung kesehatan warga itu sendiri, apalagi dimusim penghujan seperti sekarang ini, saluran yang di genangi air akan menjadi sarang nyamuk dan dapat membahayakan warga masyarakat secara keseluruhan khususnya ancaman penyakit demam berdarah”.

Disamping melakukan pembersihan saluran dan jalan, warga juga melakukan perbaikkan-perbaikkan saluran yang rusak agar terlihat lebih rapi, air yang tidak mengalir dapat kembali normal dan lancar sehingga warga itu sendiri yang dapat memanfaatkan saluran darinase sesuai dengan fungsinya, imbuhnya.(AI)

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan