Tingkatkan SDM, Pemdes Sukoharjo kirim duta pelatihan SID

SUKOHARJO- Guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) terkait perkembangan Informasi dan Tehnologi di desa, pada hari Selasa dan Rabu (21-22/11) Bertempat di Resto 57 Winong Pati pemerintah Desa Sukoharjo mengirimkan 2 orang duta yang ditunjuk untuk mengikuti Pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) Tahun 2021. Kegiatan yang dianggarkan dari Dana Desa (DD) ini diharapkan mempu memberikan kontribusi pengetahuan IT khususnya informasi potensi dan perkembangan di Desa Sukoharjo Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati.

Camat Margorejo Luky Pratugas Narimo, S.STP, MM dalam acara pembukaan pelatihan SID ini mengatakan bahwa dengan diadakannya pelatihan ini, setiap desa dapat memberikan informasi dan data secara cepat, tepat dan akurat mengenai potensi dan perkembangan desa masing-masing. Data yang telah diinput nantinya dapat digunakan sebagai pijakan baik pemerintah pusat maupun daerah guna menentukan arah kebijakan. Data-data yang akurat dapat menentukan status desa sesuai dengan isian yang diinput oleh operator di masing-masing desa.

Walaupun yang mengikuti pelatihan ini baru 9 desa terkait dengan penggaran di APBdesa tahun 2021, saya berharap penganggaran di tahun depan semua desa di kecamatan Margorejo bisa menganggarkan dan dapat mengikuti pelatihan SID seperti sekarang ini, imbuhnya.

Agus Irawan, SH Sekretaris Desa Sukoharjo yang juga selaku Ketua Panitia Pelatihan SID ini mengatakan bahwa pada pelatihan SID kali ini diikuti 9 desa se kecamatan Margorejo yaitu Desa Sukoharjo, Desa Wangunrejo, Desa Jimbaran, Desa Langenharjo, Desa Jambean Kidul, Desa Soko Kulon. Desa Sukobubuk, dan Desa Metaraman dengan jumlah peserta keseluruhan sebanyak 44 orang peserta.

Pada pelatihan SID tahun ini mengambil tema peningkatan mutu SDM Aparatur Pemerintah Desa dalam pengelolaan Data Prodeskel di Kecamatan Margorejo dengan nara sumber dari Dispermasdes Kabupaten Pati dan dibantu oleh Pendamping Desa  (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Margorejo, tambahnya.

Diharapkan setelah pelatihan ini Aparatur Pemerintah Desa mampu mengelola data informasi potensi dan Perkembangan di desa.(AI)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan